Headline

Wah Keren! Surabaya, Tangsel dan Semarang Kini Jadi Kota Cerdas

INDOPOSCO.ID – Kota Surabaya tengah bertransformasi menuju smart city. Dengan berinovatif memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung efisiensi dan efektivitas kerja pemerintahan dan pelayanan terhadap masyarakat.

“Kami melakukan inovasi mulai penataan sistem pemerintahan berbasis elektronik (e-government) seperti pengelolaan keuangan daerah, menciptakan aplikasi Peken Surabaya sebagai wadah e-commerce untuk membantu pelaku UMKM, pengawasan elektronik melalui kamera pemantau (CCTV), fasilitas Command Center, hingga sistem transportasi berbasis elektronik (e-transportation),” beber Sekda Kota Surabaya Hendro Gunawan dalam Integrated Technology Event 2021, Rabu (1/12/2021).

Menurut dia, ada beberapa aplikasi di Kota Surabaya yang sudah diintegrasikan dengan seluruh OPD (organisasi perangkat daerah). Dari e-budgeting, e-planning dan e-audit.

“Kami juga hadirkan e-transport seperti penyediaan bus transportasi kota yang sudah menerapkan pembayaran non tunai (cashless). Ada juga pelayanan publik untuk data kependudukan. Kita juga pasang CCTV dan Command Center untuk lebih mudah memantau kondisi di jalan seperti jalan rusak, tumpukan sampah dan banjir,” katanya.

Baca Juga : ITE Hybrid Event 2021 Wujudkan Kota Cerdas Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Untuk menunjang hal itu, Pemkot Surabaya telah membangun sejumlah infrastruktur seperti jaringan fiber optic dengan panjang mencapai 237 kilometer yang mencakup 208 lokasi. Pihaknya juga sudah menciptakan sekitar 200 aplikasi yang dikelola secara mandiri oleh setiap OPD.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button