Headline

Gawat Ada 3.839 Orang Positif Covid-19 Berkeliaran di Tempat Umum

INDOPOSCO.ID – Aplikasi PeduliLindungi berhasil mendeteksi 3.839 orang terkonfirmasi positif Covid-19 saat sedang beraktivitas di sejumlah fasilitas umum dalam kurun sebulan terakhir. Demikian yang dikatakan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

“Diluncurkan baru sebulan, sudah ada 29 juta yang melakukan check in dengan PeduliLindungi, tetap saja ada 3.839 orang yang masuk kategori hitam,” kata Menkes Budi saat hadir secara virtual dalam agenda Rapat Dengar Pendapat( RDP) Komisi IX DPR RI yang diikuti melalui kanal YouTube Kom IX DPR di Jakarta, Senin (13/9/2021).

Dia mengatakan aplikasi PeduliLindungi membagi kriteria seorang pengunjung di fasilitas umum ke dalam empat indikator warna. Hitam menandakan bahwa pengunjung tersebut positif Covid-19 atau mengalami kontak erat dengan pasien.

Indikator selanjutnya ada merah yang menandakan seorang pengunjung belum menerima vaksin Covid-19. Warna kuning menandakan bahwa pengunjung telah menerima satu kali vaksin atau berstatus sebagai penyintas kurang dari tiga bulan serta tidak ada data bahwa yang berhubungan positif serta kontak akrab.

Terakhir adalah indikator hijau yang menandakan seseorang telah menerima dua dosis vaksin serta tidak ada hasil tes positif maupun kontak erat dengan pasien Covid-19. Pengunjung bersangkutan juga telah menjalan tes cepat PCR yang berlaku 2×24 jam dengan hasil negatif atau menjalani tes cepat antigen 1×24 jam dengan hasil negatif. “Hitam itu artinya positif Covid-19, tapi masih jalan-jalan,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button