Headline

Webinar INDOPOSCO, Melani: 60 Persen PDB dari UMKM

INDOPOSCO.ID – Pandemi Covid-19 yang melanda dunia berimbas terhadap segala lini kehidupan, termasuk aspek ekonomi dan kelangsungan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Mengingat keberadaannya menjadi tulang punggung ekonomi nasional.

Perhatian pemerintah terhadap sektor UMKM makin lama kian membesar. Hal itu tampak dari berbagai kebijan. Baik dari sisi program bantuan, aturan pendukung maupun lembaga yang menangani UMKM.

“Penanganan ekonomi sangat diperlukan di tengah masa pandemi Covid-19. Ini beda kalau kita melihat di mana para UMKM yang menjadi tulang punggung negara,” kata Anggota DPR Komisi VI dari Fraksi Partai Demokrat Melani L Suharli saat Menjadi pembicara pada webinar bertajuk “UMKM sebagai Tulang Punggung Ekonomi”, yang diselenggarakan INDOPOSCO, di Hotel Aston Priority Simatupang & Conference Center Jakarta, Senin (6/9/2021).

Menurutnya, keberadaan UMKM merupakan kunci salah satu pertumbuhan ekonomi nasional. Badan Pusat Statistik menyebutkan UMKM mencapai 64 juta atau 99,9 persen keseluruhan dari usaha di Indonesia

“Lebih dari 60 persen PDB nasional berasal dari UMKM dengan penyerapan lebih dari 90 persen tenaga kerja,” jelasnya.

Tak terhindari kebijakan pembatasan mobilitas, seperti diberlakukannya PSBB hingga PPKM memberikan dampak negatif bagi UMKM. Penurunan moset misaknnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button