Headline

Jadi Pembicara di Webinar INDOPOSCO, Begini Kata Teten Soal Geliat UMKM di Masa Pandemi

INDOPOSCO.ID – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki menyatakan, bahwa keberadaan usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi bagian utama dari pemulihan ekonomi nasional.

Bahkan UMKM mampu menyerap tenaga kerja di tengah gelombang pemutusan hubungan kerja beberapa perusahaan akibat dampak pandemi Covid-19.

“Meksipun terdampak, tapi UMKM menjadi bagian dari pemulihan ekonomi nasional. Saya kira penyerapan tenaga kerja di sektor UMKM hampir 34 persen,” kata MenkopUKM Teten Masduki saat menjadi pembicara kunci webinar bertajuk “UMKM sebagai Tulang Punggung Ekonomi” yang diselenggarakan INDOPOSCO di Hotel Aston Priority Simatupang & Conference Center Jakarta, Senin (6/9/2021).

Pemerintah sudah menyiapkan beberapa program pemulihan ekonomi nasional, di antaranya restrukturisasi pinjaman, subsidi bunga termasuk modal usaha UMKM yang belum naik level dan menyediakan pembiayaan murah.

“Tahun ini kredit usaha rakyat (KUR) meningkat 100 kali, tahun lalu Rp190 triliun. Tahun ini sudah Rp253 triliun, dengan bunga 3 persen,” tutur Teten.

Jumlah UMKM itu dari 62 juta tercatat bahwa 99,6 persen merupakan usaha mikro omsetnya tembus di bawah Rp2 miliar dalam setahun. Karenanya pemerintah mendorong pelaku usaha itu bertransformasi digital.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button