Headline

Gawat, Si Jago Merah Jilat Gunung Puncak Habibie

INDOPOSCO.ID – Lereng Gunung Puncak Habibie di Kampung Pasirrandu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) tiba-tiba terbakar. Tak tanggung-tanggung, jilatan si jago merah mencapai sekitar lima hektare (ha). Hingga kini belum diketahui penyebab terjadinya peristiwa tersebut.

Petugas Penanggulangan Kebencanaan Kecamatan (P2BK) Cisolok Andri Firmansyah mengatakn, tidak ada warga yang menjadi korban pada peristiwa ini. ”Tapi akibat kebakaran itu sekitar lima ha lahan yang berada di lereng Gunung Puncak Habibie hangus,” katanya melalui sambungan telepon, Sabtu, (21/8/2021).

Informasi yang dihimpun, kebakaran lahan yang berada di Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok itu mulai terlihat oleh warga pada Jumat (20/8/2021). Awalnya hanya di beberapa titik saja, namun semakin lama api terus menjalar membakar lahan yang berada di lereng gunung.

Kobaran api pun semakin tidak terkendali, karena kondisi lereng itu mayoritas ditumbuhi semak belukar yang sudah mengering. Warga yang melihat kejadian tersebut pun mencoba memadamkan api dengan alat seadanya agar tidak terus menjalar ke perkebunan yang berada tidak jauh dari lokasi.

Mendapat informasi adanya kebakaran lahan di lereng Gunung Puncak Habibie petugas penanggulangan bencana langsung berkoordinasi dengan tim pemadam kebakaran Kabupaten Sukabumi untuk melakukan pemadaman.

Satu unit mobil damkar pun dikerahkan menuju lokasi dan petugas pemadam langsung mencoba memadamkan api agar tidak terus menjalar. Lokasi kebakaran yang berada di lereng gunung, petugas gabungan pun kesulitan untuk mencapai lokasi.

Sehingga, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk memadamkannya. Petugas damkar pun terus berjuang memadamkan api dari Jumat malam dan api baru benar-benar padam pada Sabtu pagi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button