Nusantara

Kasdam XII/Tanjungpura Alami Rotasi. Siapa yang Menjabat?

INDOPOSCO.ID – Kepala Staf Kodam (Kasdam) XII Tanjungpura yang mencakup Kalimantan Barat-Kalimantan Tengah mengalami rotasi. BrigjenTNI Djauhari kini menjabat Kasdam XII Tanjungpura menggantikan pejabat sebelumnya Brigjen TNI Djaka Budhi Utama.

“Jabatan Kepala Staf di tingkat Kodam adalah sebagai pembantu utama Pangdam yang memegang peranan penting dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan semua aspek manajemen staf dalam lingkup Kodam,” kata Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad di Kubu Raya, Kalbar, Sabtu (21/8/2021).

Sementara itu, Brigjen TNI Djaka Budhi Utama mendapat promosi menjadi Deputi Bid Koordinasi Politik Dalam Negeri Kemenko Polhukam. Sedangkan Brigjen TNI Djauhari, sebelum menjabat sebagai Kasdam XII/Tpr adalah Pa Sahli Tk II Kasad Bidang Jahpers.

Serah terima jabatan itu sendiri diawali dengan tradisi penerimaan yakni penciuman Pataka Kodam XII/Tpr Carathana Jitavina oleh pejabat baru, dilanjutkan dengan laporan resmi dan penandatanganan naskah berita acara serah terima oleh pejabat lama dan pejabat baru yang disaksikan Pangdam XII/Tpr.

Selain sertijab Kasdam XII/Tpr dalam kesempatan tersebut sekaligus juga dilaksanakan sertijab Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tpr dari Dewi Djaka Budhi Utama kepada Heni Purnama Sari Djauhari.

Untuk mewujudkan fungsi tersebut, maka Kasdam dituntut memiliki kemampuan dalam memahami dan menjabarkan esensi serta arah kebijakan Pangdam secara komprehensif, kreatif, responsif dan proaktif, sehingga mampu memberdayakan semua unsur staf menjadi suatu kesatuan yang sinergis.

“Selain itu, dibutuhkan pula kearifan dan kematangan dalam pola pikir, pola sikap dan pola tindak, yang pada akhirnya mampu mengambil langkah dan tindakan secara tepat, sesuai dengan arah kebijakan Pangdam,” ujar Pangdam.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button