Headline

Meski Vakum 9 Bulan, Marquez Tetap Juarai MotoGP Jerman

INDOPOSCO.ID – Meski sempat vakum alias absen sembilan bulan dari balapan karena cedera, namun Marc Marquez berhasil menunjukkan ‘keperkasaannya’. Pebalap Tim Repsol Honda itu berhasil meraih kemenangan pertamanya dalam ajang Grand Prix MotoGP Jerman, Minggu (20/6/2021).

Marquez menunjukkan tanda-tanda kembali kompetitif setelah tampil tercepat di sesi latihan bebas pertama dan membuktikan dirinya siap menantang kembali para juara kelas premier dengan kemenangan di Sirkuit Sachsenring.

Sang juara dunia delapan kali menyelesaikan balapan sepanjang 30 putaran itu dengan dominan sejak start hingga menyentuh garis finis 1,610 detik di depan pebalap tim Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira.

Pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo melengkapi podium setelah finis P3 untuk Yamaha, terpaut 6,7 detik dari Marquez, demikian laman resmi MotoGP

Marquez saat ini menjadi pebalap paling dominan di Sachsenring dengan mengantongi tujuh kemenangan di kelas premier sejak debut di MotoGP pada 2013, serta tiga kemenangan di kelas 125cc dan Moto2 di saat sang pebalap Spanyol belum terkalahkan di sirkuit Jerman itu sejak 2010.

Rekor kemenangan Marquez bertahan ketika GP Jerman batal digelar lantaran Pandemi Covid-19 pada 2020.

Juara dunia delapan kali itu menghadapi tantangan tersendiri saat tiba di Jerman, ketika mendapati P7 sebagai hasil finis terbaiknya musim ini sejak kembali membalap dari cedera berkepanjangan.

Kewalahan dengan lengan kanannya, yang cedera sejak Juli tahun lalu, dan juga bahunya, Marquez tak mengalami masalah melibas tikungan ke kiri, yang mendominasi sirkuit berlawanan arah jarum jam di Jerman tersebut.

Di Jerman Johann Zarco boleh jadi menghentikan rentetan lima pole position Quartararo, namun justru Marquez yang mengambil alih pimpinan lomba dari Aleix Espargaro di pengujung lap pembuka setelah melesat dari P5.

Rintik hujan mulai turun di sebagian trek Sachsenring setelah balapan berjalan delapan putaran dan bendera putih dikibarkan, memberi tanda bagi para pebalap yang ingin berganti motor dengan setting basah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button