Unicharm Gelar Talkshow “Stay Charming Everyday-Menstruasi Bukan Hambatan Meraih Mimpi

INDOPOSCO.ID-Memperingati Hari Remaja Internasional yang jatuh pada 12 Agustus, PT Uni-Charm Indonesia Tbk menggelar talkshow bertema “Stay Charming Everyday-Menstruasi Bukan Hambatan Meraih Mimpi” di SMA Islam Al Azhar 17 Karawang, Jumat (15/8).
Acara ini menghadirkan tiga panelis, yakni psikolog klinis anak, remaja, dan keluarga Ayoe Sutomo, M.Psi., perwakilan karyawan perempuan muda Unicharm, serta siswi berprestasi dari SMA Islam Al Azhar 17 Karawang. Melalui kegiatan ini, Unicharm ingin memberikan dukungan kepada remaja, khususnya perempuan, agar tetap percaya diri dan berprestasi meski sedang menstruasi.
Hari Remaja Internasional sendiri ditetapkan oleh PBB pada 1999 untuk mengakui peran penting remaja dalam pembangunan sosial, ekonomi, dan budaya, sekaligus mengatasi isu-isu yang mereka hadapi.
Di tengah tingginya tuntutan akademik dan sosial, menstruasi sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi remaja perempuan. Mulai dari nyeri haid, kelelahan, hingga perubahan suasana hati dapat mengganggu konsentrasi. Bahkan, menurut data Bank Dunia, sekitar 500 juta perempuan di dunia tidak memiliki akses memadai terhadap informasi, produk, maupun fasilitas untuk manajemen kebersihan menstruasi.
Dalam sesi talkshow, Ayoe Sutomo menjelaskan bahwa menstruasi adalah proses alami yang sehat. Ia berpesan agar remaja tidak merasa gagal atau minder saat mengalami perubahan suasana hati atau rasa tidak nyaman. “Justru di saat seperti itulah peluang untuk belajar mengenali diri dan mencintai diri seutuhnya,” ujarnya. Ia juga menyarankan remaja untuk bercerita kepada orang tua, guru, atau teman ketika menghadapi kesulitan, serta membatasi waktu di media sosial agar mood tidak semakin buruk.
Selain sesi diskusi, panelis juga memberikan tips memilih pembalut yang tepat serta mengajak peserta menuliskan “My future self” berisi impian yang ingin mereka capai dalam 3, 5, hingga 10 tahun ke depan.
Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Takumi Terakawa, menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari slogan perusahaan “Ethical Living for SDGs”. Menurutnya, peringatan Hari Remaja Internasional adalah momentum untuk mendukung generasi muda agar tetap nyaman beraktivitas selama menstruasi. “Kami ingin para remaja perempuan menyadari bahwa menstruasi bukan hambatan untuk meraih mimpi,” jelasnya.
Terakawa menambahkan bahwa visi Unicharm adalah menjadi perusahaan yang selalu dicintai perempuan di Indonesia dengan mengusung filosofi “Love Your Possibilities”. Melalui edukasi interaktif ini, Unicharm berharap dapat memberikan pemahaman, dukungan moral, sekaligus kontribusi nyata dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), khususnya pendidikan berkualitas.
Dengan kegiatan ini, Unicharm tidak hanya merayakan semangat remaja, tetapi juga menegaskan komitmennya untuk terus mendukung perempuan muda Indonesia dalam mewujudkan potensi dan mimpi mereka. (ibs)