Gaya Hidup

Film Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari Resmi Ditayangkan

INDOPOSCO.ID – Film yang menceritakan kehidupan ulama ternama di Provinsi Kalimantan Selatan, Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari resmi ditayangkan di bioskop Kota Cinema Mall (KCM) Belda, Banjarmasin, Selasa (20/12).

Penayangan perdana film yang dibuat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel tersebut diresmikan Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin didampingi para pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin menyampaikan apresiasi film “Matahari dari Bumi Banjar” tersebut akhirnya tayang untuk mengingat kembali ketokohan ulama yang lahir pada tahun 1710 dan meninggal tahun 1812 tersebut di Kabupaten Banjar, Kalsel.

Menurut dia, ulama yang lebih akrab disebutnya Datu Kalampayan tersebut ketokohannya tidak hanya masyhur di daerah Kalsel, namun juga di tingkat nasional hingga mancanegara.

Baca Juga: Sekuel “Avatar” Dominasi Layar Bioskop Amerika Utara

“Jasa dan dedikasi beliau (Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari) sangat besar bagi daerah ini dan negeri ini pada umumnya,” kata Muhidin seperti dikutip dari Antara, Selasa (20/12/2022).

Bahkan keturunan ulama yang menulis kitab ilmu fiqih “Sabilal Muhtadin” ini banyak yang menjadi ulama besar seperti KH Muhammad Zaini bin Abdul Gani atau Guru Sekumpul Martapura.

Dengan adanya film tentang perjalanan dakwah ulama yang menempuh pendidikan di Timur Tengah tersebut, kata Muhidin, ini menjadi pengingat dan catatan sejarah bagi generasi selanjutnya, akan besarnya ulama di tanah Banjar ini.

Termasuk juga, kesultanan Banjar pada masa itu, di mana Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari sangat dihormati dan dimuliakan sebagai tokoh agama.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button