Gaya Hidup

Teh Disarankan bagi yang Sensitif Efek Kafein

INDOPOSCO.IDTeh bisa menjadi pilihan lebih baik bagi mereka yang terlalu sensitif terhadap efek kafein, menurut pakar gizi dari Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Dinar Farrasia Hafizhah, S.Gz, MKM.

“Seduhan teh umumnya mengandung kafein yang lebih rendah, tapi menawarkan efek menenangkan dari l- theanine,” ujar dia dalam siaran pers RSUI, Kamis (24/2/2022), seperti dikutip Antara.

Kafein merupakan zat stimulan alami yang membantu diri lebih terjaga, meningkatkan performa fisik, serta mencegah timbulnya rasa lelah. Kafein juga dikaitkan dengan beragam manfaat kesehatan jika dikonsumsi dengan wajar.

“Asupan harian kafein yang aman yakni 400 mg per hari atau 4 cangkir per hari,” kata Dinar.

Baca Juga : Wow Teh Dalam Negeri Senilai Rp57 Miliar Siap Banjiri Pasar Malaysia

Kandungan kafein dalam kopi atau teh dapat bervariasi tergantung jenis biji kopi atau jenis teh, metode penyeduhan, dan penyajiannya. Setiap sajian masing-masing minuman tersebut biasanya masih mengandung kafein di bawah 400 mg.

“Setiap 240 ml kopi atau setara satu cangkir rata- rata mengandung 95 mg kafein. Sementara itu, dalam volume yang sama, teh hitam mengandung 47 mg kafein. Begitu pula dengan kandungan kafein dalam teh hijau yang bisa berkisar 20–45 mg untuk sajian yang sama,” papar Dinar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button