Gaya Hidup

Alasan Kenapa Anda Sering Diserang Nyamuk Tapi Temanmu Tidak

INDOPOSCO.ID – Ada satu pertanyaan ketika kita berada di luar rumah di musim panas, ketika nyamuk-nyamuk menyerang Anda sementara ada teman Anda yang tidak mendapatinya dan tetap bisa bebas menikmati malam.

Jadi, apa sesungguhnya yang membuat beberapa orang lebih menarik bagi nyamuk dibanding beberapa lainnya?

Ilmu pengetahuan mengatakan ada berbagai faktor yang membuat seseorang lebih menarik bagi penghisap darah bersayap ini.

Menurut postingan yang diterbitkan di Get Science, diambil Jumat (18/2/2022) seperti dikutip Antara, beberapa orang lebih menarik bagi nyamuk karena antara lain berhubungan dengan jumlah karbon dioksida yang dipancarkan dalam panas hingga warna pakaian (warna lebih gelap lebih mengundang nyamuk dibanding warna terang).

Namun, dari banyak alterasi dalam preferensi soal ketertarikan nyamuk akhirnya bermuara pada 2 faktor, yakni bau badan alami pada seseorang dan genetika.

Nyamuk berpesta mengerkah dan menghirup darah kita untuk alasan praktis. Hanya nyamuk betina yang mengerkah manusia dan mereka melaksanakannya untuk mendapatkan protein dari darah kita untuk menghasilkan telur.

Untuk membantu menemukan mangsanya, nyamuk betina dilengkapi dengan reseptor bau khusus yang mengetahui karbon dioksida dan aroma manusia. Dan itu berarti orang yang mengeluarkan lebih banyak karbon dioksida, contoh karena keunggulan berat badan atau sedang hamil, mengarah lebih menarik bagi nyamuk.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button