Ekonomi

G20 Ajang Indonesia Promosikan Keunggulan Riset dan Inovasi

INDOPOSCO.ID – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengatakan Pertemuan Inisiatif Riset dan Inovasi atau Research and Innovation Initiative Gathering (RIIG) G20 menjadi ajang bagi Indonesia untuk mempromosikan keunggulannya di bidang riset dan inovasi.

“Kegiatan ini (RIIG G20) kita peruntukan sebagai ajang jualan kita untuk mempromosikan keunggulan riset dan inovasi. Kita harus mampu menyampaikan kepada dunia apa keunggulan kita, sehingga produk kita dibeli dan negara-negara maju akan bekerja sama dengan kita,” tutur Pelaksana tugas Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Bappenas Subandi Sardjoko dalam keterangan pers BRIN di Jakarta, Jumat (18/2), seperti dikutip Antara.

Subandi mengatakan dari acara RIIG G20 yang oleh dikoordinasikan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), diharapkan muncul kolaborasi antara Indonesia dengan negara anggota G20.

Ia mengatakan tema utama yang harus dijadikan unggulan dalam perhelatan RIIG nanti adalah pemanfaatan keanekaragaman hayati dalam mendukung ekonomi hijau dan biru.

Perihal itu dikarenakan isu ekonomi hijau dan biru menjadi poin mendunia yang selalu diulas dalam rangka pembangunan berkelanjutan.

Subandi juga mengatakan tema selanjutnya yang juga akan diulas dalam RIIG G20 yakni meningkatkan kerja sama riset dan inovasi melalui memberi sarana, infrastruktur, dan pendanaan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button