VIVA Bukukan Laba Rp 1,19 Triliun, MDIA Catat EBITDA Naik 93 Persen

INDOPOSCO.ID – PT Visi Media Asia Tbk. (IDX: VIVA) dan PT Intermedia Capital Tbk. (IDX: MDIA) membukukan kinerja solid pada Semester I 2025. VIVA berhasil mencatat laba bersih Rp1,19 triliun, sementara MDIA menorehkan pertumbuhan EBITDA hingga 93%. Hasil ini memperlihatkan arah pertumbuhan yang jelas dan memberi optimisme bagi perjalanan Perseroan ke depan.
Dalam enam bulan pertama tahun ini, VIVA mampu membalikkan kerugian tahun lalu menjadi laba bersih, ditopang keberhasilan restrukturisasi keuangan yang signifikan. Pendapatan tercatat Rp477,9 miliar dan EBITDA Rp32,8 miliar dengan margin 6,9%, namun efisiensi beban bunga menjadi kunci utama perbaikan. Perubahan besar ini menjadikan fondasi keuangan VIVA lebih sehat untuk melakukan berbagai aksi korporasi.
Dari sisi struktur modal, Perseroan berhasil menekan total liabilitas menjadi Rp6,10 triliun pada 30 Juni 2025, dari sebelumnya Rp7,28 triliun pada 31 Desember 2024. Ekuitas juga berbalik positif Rp418,97 miliar setelah sempat defisit Rp772,9 miliar di akhir tahun lalu. Perbaikan struktur modal ini menjadi tonggak penting yang menegaskan kemampuan VIVA menyehatkan neraca sekaligus memperkuat daya tahan finansialnya.
“Restrukturisasi memberi ruang bagi VIVA untuk terus berinvestasi di konten, teknologi, dan pengembangan talenta. Kami berkomitmen menjaga kepemimpinan di televisi FTA dan memperluas jangkauan digital di era konvergensi media,” ujar Presiden Direktur VIVA, Arief Yahya pada Public Expose VIVA dan MDIA, Rabu 3 September 2025 di Bakrie Tower, Jakarta.
MDIA juga menorehkan capaian positif. EBITDA meningkat 92,6% menjadi Rp85,4 miliar dengan margin 27,7%. Laba usaha melonjak hampir tiga kali lipat menjadi Rp60,8 miliar, sementara rugi bersih berhasil ditekan tajam menjadi Rp11,4 miliar dari Rp235,2 miliar pada periode yang sama tahun lalu.
ANTV sebagai portofolio utama MDIA, memperlihatkan pertumbuhan kuat dengan kenaikan pangsa pemirsa prime time ke posisi Top 6 TV hiburan nasional (TV Share 5,9%) dari sebelumnya peringkat ke-9 (TV Share 4,8%). Capaian ini lahir dari strategi female-oriented dan penguatan infrastruktur penyiaran digital, modernisasi perangkat siaran, peningkatan dan optimalisasi transmisi untuk memperluas jangkauan audiens dan menghadirkan pengalaman menonton yang lebih memuaskan.
Sementara itu, tvOne tetap konsisten sebagai TV berita nomor satu di Indonesia dengan pangsa audiens program berita reguler 5,8% pada Januari–Juli 2025. Program Apa Kabar Indonesia (Pagi, Siang, Malam) dan Catatan Demokrasi terus mencatat performa stabil, ditopang breaking news ber-rating tinggi seperti Sidang Isbat Ramadan (11,2%), tenggelamnya KMP di Selat Bali (9,4%), dan Banjir Jabodetabek (8,5%). Capaian ini menegaskan kepercayaan publik pada tvOne sebagai sumber berita cepat, akurat, dan terpercaya.
Pada lini digital, tvOneNews.com menempati peringkat keenam publisher berita online nasional dengan 473,5 juta pageviews (Januari–Juli 2025), sementara kanal YouTube tvOne meraih 15,8 juta subscriber dengan 1,4 miliar views. Viva.co.id konsisten dengan rata-rata 95,5 juta pageviews per bulan melalui 30 subdomain partner di berbagai daerah.
Kinerja digital ini ditopang oleh newsroom system terpadu tvOne, yang mengintegrasikan seluruh fungsi produksi dan distribusi berita secara fleksibel dan kolaboratif. Newsroom system ini mencakup manajemen aset media, tools produksi, workflow, siaran studio, hingga distribusi multiplatform, sehingga memungkinkan efisiensi dalam repurposed content dan re-versioning.
Dengan mekanisme tersebut, redaksi dapat menghasilkan beragam format konten digital, mulai dari extended interview, short clips, hingga video khusus untuk media sosial, yang sesuai dengan kebutuhan audiens di berbagai platform.
Portofolio digital ANTV juga mencatat pertumbuhan, dengan 489,1 juta views di YouTube (+5,1% yoy) dan jangkauan media sosial 105,4 juta unique visitors. Pertumbuhan ini menegaskan efektivitas sinergi FTA–digital serta strategi konten yang adaptif dengan tren pemirsa, termasuk format local series dan short clips yang relevan bagi generasi muda.
Manajemen VIVA Group optimistis, kombinasi restrukturisasi keuangan, penguatan konten, dan ekspansi digital akan menjadi tiga pilar pertumbuhan ke depan. “Dengan fundamental yang solid, kami yakin tren positif ini berlanjut di Semester II 2025. Kami akan terus menghadirkan konten berkualitas, memperkuat platform digital, dan menjaga kepemimpinan di industri media nasional,” pungkas Arief Yahya. (ibs)