Gaya Hidup

Kesadaran Wanita untuk Pemeriksaan Berkala Dinilai Masih Rendah

INDOPOSCO.ID – Medical check up atau pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh merupakan langkah untuk memastikan kondisi kesehatan yang berperan untuk mengantisipasi gangguan kesehatan.

Karena, jika tidak, maka gejala dapat berkembang menjadi penyakit yang serius dan dapat mengancam keselamatan hidup manusia. Melalui bincang sehat yang diadakan manajemen Siloam Hospitals Bekasi Sepanjang Jaya, kesadaran kaum wanita untuk pemeriksaan secara berkala masih dapat dikatakan rendah.

“Sementara itu banyak pihak sepakat bahwasanya deteksi dini terhadap suatu penyakit amatlah penting,” kata dr. Priscillia, dokter umum yang bertindak sebagai moderator pada edukasi bertajuk “Berbagai Pemeriksaan Penting Bagi Wanita Saat Medical Check Up,” dengan narasumber dr. Monika, SpOG, Kamis (25/11/2021) di Kota Bekasi.

dr. Monika menyarankan, khususnya bagi wanita yang belum dan akan menikah maupun yang sudah menopause, dapat rutin melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

“Hal ini penting dilakukan bagi wanita yang belum atau akan menikah. Selain berguna untuk persiapan menyambut kehamilan, potensi penyakit yang sifatnya dapat menjadi kronis atau yang nantinya dapat diturunkan ke anaknya pun akan dapat diketahui,” jelasnya.

Pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh yang umum dapat dilakukan oleh wanita, di antaranya pemeriksaan hepatitis yang dikenal dengan HBsAg dan pemeriksaan ini dapat melihat apakah ada infeksi hepatitis B akut atau kronis.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button