Gaya Hidup

Infeksi Covid-19 Menurun, Berikut Tips Agar Kamu Siap Lagi Beraktivitas Normal

INDOPOSCO.ID – Melonggarnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di beberapa wilayah bisa jadi sinyal buat kamu segera kembali mempersiapkan diri untuk kembali beraktifitas seperti sebelum pandemi. Terlebih buat kamu yang cuek selama beraktivitas di rumah saja.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk bersiap menyambut aktivitas normal kembali.

1. Kembalikan kebugaran tubuhmu

Banyak rebahan ditambah minim aktivitas fisik saat kamu kerja dari rumah tentu aja menghambat metabolisme tubuhmu. Hasilnya kebugaran tubuhmu tentu saja berkurang, apalagi jika selama berkegiatan di rumah saja kamu mulai memiliki pola hidup yang tidak sehat. Aktivitas makanmu menjadi lebih sering, maklum saat berada di rumah saja akses terhadap makanan akan menjadi lebih mudah.

Dampaknya dari mulai penambahan berat badan, kehilangan massa otot, sampai jantung dan paru-paru yang melemah. Kondisi seperti ini pasti bakal menyulitkanmu saat beraktivitas normal lagi, mobilitasmu menjadi terhambat, kamu akan lebih mudah letih sampai produktivitasmu bisa berkurang.

Mencegah hal tersebut, kamu perlu kembali meraih kebugaran tubuhmu, salah satunya bisa dilakukan dengan berolaharga. Melansir American College of Sports Medicine (ACMS), belum lama ini, manusia dianjurkan untuk berolahraga minimum 30 menit setiap harinya untuk menjaga kebugaran tubuh. 30 menit itu pun bisa dilakukan dengan berolahraga ringan misalnya jalan cepat, atau jogging, ataupun kombinasi antara keduanya.

Dengan tubuh yang bugar kamu tentu akan lebih percaya diri serta lebih semangat beraktivitas sedia kala sebelum pandemi.

Baca Juga: Bahaya Paparan Sinar Biru Bagi Kulit Wajah

2. Risiko Skindemi

Meski PPKM melonggar dan kamu mungkin akan kembali beraktivitas normal lagi namun jangan lupa bahwa pandemi sejatinya belum sepenuhnya usai. Tetap pakai masker dan melakukan protokol kesehatan dengan baik.

Namun tahukah kamu bahwa pandemi Covid-19 kini juga turut menciptakan situasi skindemi, alias masalah kulit yang muncul akibat kebiasaan-kebiasaan yang tercipta selama pandemi.

Mengutip Dr. Kevin Adrian pada laman Alodokter, belum lama ini, skindemi misalnya tercipta akibat pemakaian masker yang terlalu lama sehingga menyebabkan kulit menjadi kusam, kemerahan, gatal dan mudah berjerawat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button