Megapolitan

Tingkat Polusi Udara di Depok Dalam Keadaan Baik

INDOPOSCO.ID – Pernyataan yang menyebutkan polusi udara di Depok terparah bahkan mengalahkan Jakarta, menuai pertanyaan berkepanjangan. Mengingat pernyataan itu tak sesuai dengan fakta dan data yang ada dalam beberapa tahun terakhir.

Sepanjang tahun ini kualitas udara di Depok bergerak diantara tataran baik dan sedang. Data ini merupakan hasil pengukuran tujuh parameter kualitas udara yakni besaran PM10, PM2,5, SO2, CO, 03 dan HC.

“Instrumen pengukuran itu dipasang di depan Balai Kota, Jalan Margonda Raya. Dari instrumen itu kami memperoleh Indeks Standar Pencemaran Udara yang menghimpun ke tujuh parameter,” kata Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Penataan Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Bambang Supoyo, beberapa waktu lalu.

Perlu diketahui, Jalan Margonda Raya merupakan yang tersibuk di Depok karena dilalui puluhan bahkan ribuan kendaraan setiap hari.

Level Cukup atau Sedang

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Ety Suharyati menambahkan, sejak tahun lalu, Indeks Kualitas Udara (IKU) di kota Depok berada pada angka 65,76 atau level cukup atau sedang. Nilai IKU diperoleh dari pengolahan data hasil pemantauan kualitas udara secara tahunan.

“Pencemaran udara berasal dari kendaraan bermotor, sumber tidak bergerak seperti industri, emisi gas rumah kaca dan hutan yang rawan kebakaran,” ujarnya, seraya mengingatkan, Depok tidak mempunyai kawasan industri dan hutan yang rawan kebakaran.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button