Gaya Hidup

Tak Masalah, Anak Penyandang Diabetes Boleh Vaksinasi Covid-19

INDOPOSCO.ID – Anak dengan diabetes tipe 1 yang terkontrol tidak perlu ragu untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Demikian yang dikatakan Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Prof Dr dr Aman Bhakti Pulungan Sp A(K) FAAP FRCPI( Hon) dalam jumpa media secara daring, Senin (30/8/2021).

“Tidak masalah. Tidak ada kontraindikasi untuk mereka (anak- anak dengan diabetes tipe 1 terkontrol, red). Itu ada di surat rekomendasi IDAI. Jadi, jangan ragu untuk pergi ke pusat vaksinasi dan dapatkan suntikan (vaksin),” tandasnya.

Sebagai informasi, diabetes tipe 1 adalah tipe diabetes yang yang lebih sering terjadi pada anak- anak dan remaja. Namun, diabetes tipe 1 juga terkadang bisa menyerang bayi, balita, dan orang dewasa.

Diabetes tipe 1 terjadi akibat kelainan autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh anak merusak atau menghancurkan pankreasnya sendiri, sehingga fungsi pankreas menjadi terganggu.

Akibatnya, anak yang menderita diabetes tipe 1 hanya menghasilkan sedikit atau bahkan tidak menghasilkan hormon insulin sama sekali. Kondisi ini bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat dan lama-kelamaan merusak organ serta jaringan tubuh.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button