Nasional

Atasi Karhutla, Pemerintah Memperkuat Gandeng Masyarakat

INDOPOSCO.ID – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terus meningkatkan atau memperkuat keterlibatan masyarakat sebagai upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla), salah satunya dengan menambah desa Masyarakat Peduli Api (MPA) Paralegal.

“Sebagai bagian dari solusi permanen kita juga melakukan pelibatan masyarakat secara lebih luas, karena ini merupakan salah satu strategi dan kunci keberhasilan untuk melakukan upaya integrasi dan peningkatan peran serta publik dalam rangka pengendalian karhutla,” kata Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim( PPI) KLHK, Laksmi Dhewanthi dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Senin (30/8/2021).

Salah satu usaha itu adalah mengembangkan MPA di desa- desa rawan kebakaran hutan dan lahan di berbagai wilayah Indonesia. Selain itu, KLHK bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sejak 2020 membentuk MPA Paralegal di 12 desa.

MPA Paralegal adalah kelompok masyarakat berkesadaran hukum yang dibentuk untuk mendukung upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan. “Kita akan terus menerus meningkatkan jumlah desa MPA Paralegal,” tandas Laksmi dilansir Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button