Gaya Hidup

Cara Mencegah Cedera saat Berolahraga

INDOPOSCO.ID – Olahraga merupakan aktifitas fisik yang berkaitan dengan pola hidup sehat. Namun, salah satu hal yang harus diantisipasi atau dicegah saat berolahraga adalah cedera.

Dokter Spesialis Orthopedi dari Siloam Hospitals Bali, dr. Made Bhawana Wijaya mengatakan, beberapa cedera yang biasa dialami saat berolahraga, di antaranya cedera lutut, bahu, tulang kering, otot tertarik, hingga patah tulang.

“Ada beberapa faktor terjadinya cedera. Selain faktor individu, penyebabnya dapat pula melalui sarana berolahraga dan jenis olahraga yang dilakukan. Umumnya cedera meliput wilayah otot dan tulang,” kata dr. Made, melalui sesi pertama edukasi Kesehatan bertajuk “Cedera Bahu Saat Berolahraga” yang diselenggarakan Siloam Hospitals Bali, Sabtu (13/2/2021).

Selain itu, dr. Ida Ayu Dewi, Sp OT(K) juga menjelaskan mengenai jenis dan penanganan cedera. Menurutnya, agar tidak terjadi cedera sebaiknya lakukan beberapa langkah pencegahan sebelum berolahraga.

Dijelaskannya, keseimbangan berolahraga disesuaikan dengan tubuh dan melakukan pemanasan serta ditutup dengan melakukan gerak pendingin paska berolahraga.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button