Gaya Hidup

Lima Dokter Spesialis ini Lakukan Operasi Hybrid Pertama di Indonesia

INDOPOSCO.ID – Tim Dokter Heartology yang terdiri dari lima dokter spesialis memutuskan untuk melakukan operasi hybrid pertama di Indonesia yang terdiri dari tiga prosedur, yakni total arch replacement, elephant trunk dan thoracic endovascular aortic repair.

Dokter Anesthesi Kardiovaskular, dr. Anas Alatas, SpAn-KAKV salah seorang dari lima dokter spesialis itu mengatakan, melakukan induksi atau pembiusan harus dengan akurasi yang sangat tinggi. Karena kesalahan dosis sedikit saja, dapat meyebabkan komplikasi yang bermakna untuk pasien ini. Komplikasi berupa kematian, perdarahan atau ketidakstabilan hemodinamik yang pada akhirnya akan mempersulit proses operasi.

“Ada beberapa alat canggih yang digunakan pada operasi ini dan beberapa strategi khusus, yang sebagian tidak dilakukan pada operasi jantung lain, di antaranya ruang operasi hybrid dan heart lung machine,” ujarnya, dalam Heartology Cardiovasular Center Media Gathering Operasi Hybrid Pertama di Indonesia, secara daring, Rabu (10/2/2021).

Sementara, Dokter Jantung, dr BRM Ario Kuncoro, SpJP(K) melakukan Intraoperative Transesophageal Echocardiography (TEE) untuk menilai struktur jantung termasuk katup, fungsi jantung, memantau kondisi katup selama dan sesudah operasi, memantau fungsi jantung selama operasi dan menilai penumpukan cairan di selaput jantung maupun selaput paru. TEE akan menilai keterlibatan katup atau kelainan lain, yang tidak secara langsung berkaitan dengan diseksi aorta yang bisa mengubah strategi prosedur tindakan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button