Bersaing di Pasar Global, Berdayakan Masyarakat Pesisir Melalui Keterampilan Digital

INDOPOSCO.ID – Indonesia memiliki luas wilayah laut yang hampir dua pertiga dari wilayah keseluruhan, karenanya perlu memfokuskan pengelolaan potensi perairannya untuk mendukung kontribusi terhadap pasar dunia.
Seperti halnya, PT Pelindo menyelenggarakan pelatihan pemasaran bagi Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMas) di Kampung Bahari sebagai upaya memberdayakan ekonomi masyarakat pesisir dan meningkatkan kesejahteraan komunitas.
Kegiatan tersebut bertujuan, memperkuat sektor UMKM dan menciptakan masyarakat yang mandiri secara ekonomi di kawasan pesisir.
“Ini komitmen kami mendukung UMKM. Melalui serangkaian program pelatihan, kami yakin UMKM bisa lebih maju dengan peningkatan keterampilan,” kata Group Head Sekretariat PT Pelindo Ardhy Wahyu Basuki dalam keterangannya, Jakarta, Jumat (15/11/2024).
Pelatihan tersebut dirancang memperkaya wawasan dan keterampilan masyarakat dalam memasarkan produk secara lebih efektif. Sehingga mereka dapat bersaing di pasar yang lebih luas.
Program tersebut mengajarkan materi pengembangan brand dan identitas produk, pemahaman tentang segmentasi pasar, strategi pemasaran digital, serta pengelolaan hubungan pelanggan.
Pihaknya berharap dapat mengoptimalkan potensi lokal Kampung Bahari yang berada di ring 1 Pelabuhan, sehingga tercipta komunitas yang mandiri secara ekonomi.
“Untuk keberlanjutan program, memberikan dukungan tambahan berupa modal usaha kecil, serta membantu mereka memanfaatkan platform pemasaran digital yang telah dipelajari,” ujar Ardhy.
Kampung Bahari diharapkan bisa menjadi contoh bagi daerah pesisir lainnya, dalam mengembangkan produk lokal dengan dukungan pemasaran yang baik.
Departemen Head Program TJSL Pelindo Febrianto Zenny memastikan, pihaknya berkomitmen mendukung pemerintah mempercepat pencapaian target pembangunan berkelanjutan (SDG’s). (dan)