Ekonomi

Kesuksesan “Visualicious” Sebuah Gerakan Gen Z Peduli Menyuarakan Produk & Pangan Lokal Asli Indonesia

INDOPOSCO.ID – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FDSK Mercubuana sukses menyelenggarakan *Visualicious*, sebuah pameran desain yang mengangkat produk-produk lokal Indonesia melalui desain komunikasi visual (DKV). Acara ini berlangsung dari tanggal 28 hingga 30 Juni 2024 di PARARA Indonesian Ethical Store and Cafe, Kemang, Jakarta Selatan.

Ditemui di lokasi acara, Irfandi Masnur, S.Pd, M.Sn, Kaprodi DKV Mercu Buana menyampaikan, “Ide dan eksekusi Visualicious menunjukkan kemampuan luar biasa mahasiswa DKV Mercu Buana berkolaborasi dan sinergi dalam menggabungkan seni dan fungsi dalam desain yang merespon isu di masyarakat. Acara ini memperlihatkan bagaimana desain yang baik dapat mengangkat nilai produk lokal dan memberikan dampak nyata pada masyarakat. Saya sangat bangga dengan pencapaian mahasiswa kami.”

Selanjutnya, Novena Ulita, S.Pd, M.Sn selaku Dosen Studio 4 DKV Mercu Buana menambahkan, “Visualicious adalah pengalaman luar biasa untuk mahasiswa DKV Mercu Buana menunjukkan kreativitas mereka dalam desain kampanye media yang berdampak. Acara ini berharap dapat menginspirasi generasi muda khususnya Gen Z untuk mencintai dan mau mengenal produk serta pangan lokal Indonesia, seperti sorgum, madu, sagu, singkong, kapulaga, pala, dan produk lainnya,” ujar Ibu Novena.

Hari Pertama: Kreativitas dan Budaya Lokal

Acara dimulai dengan talkshow bertajuk “Storytelling and Visual Designing Local Products” oleh Febryan Wishnu, seorang pegiat Ekonomi Kreatif. “Menggabungkan narasi kuat dengan desain visual yang efektif sangat penting untuk mempromosikan produk lokal,” ujar Wishnu. Beliau juga menambahkan, “Desain yang efektif bukan hanya sekadar estetika, tetapi juga tentang bagaimana kita menceritakan kisah di balik setiap produk. Pameran DKV Mercubuana ini  menunjukkan bahwa desain dapat menjadi jembatan antara produk lokal dan pasar yang lebih luas, membantu mereka mendapatkan apresiasi yang layak.” Talkshow ini dilanjutkan dengan workshop pembuatan karakter wayang oleh Rizal Bay Khaqi,S.Ds,M.Sn yang mengajak peserta memahami filosofi dan teknik dasar desain wayang kemudian merancang karya yang dapat menjadi strategi bercerita dalam memperkenalkan produk lokal serta menyuarakan situasi petani lokal di Indonesia.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button