Ekonomi

IHSG Melemah di Tengah Sinyal Melambatnya Kenaikan Suku Bunga Fed

INDOPOSCO.ID – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (16/1) pagi melemah di tengah sentimen positif potensi melambatnya kenaikan suku bunga acuan The Federal Reserve (The Fed).

IHSG dibuka melemah 4,52 poin atau 0,07 persen ke posisi 6.637,31. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 turun 1,37 poin atau 0,15 persen ke posisi 904,12.

“Untuk hari ini sentimen pasar saham cenderung positif. Sentimen positif datang dari potensi kenaikan suku bunga acuan the Fed yang diperkirakan hanya 25 bp, lebih rendah dari kenaikan sebelumnya yang sebesar 50 bp,” tulis Tim Riset Surya Fajar Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Senin (16/1).

Selain itu, sentimen positif akan menghampiri sektor komoditas setelah harga minyak global kembali bergairah di kisaran USD80 per barel. Kenaikan harga minyak tersebut dipicu oleh pelemahan USD dan permintaan yang meningkat dari China.

Sementara itu, bursa saham AS bergerak menguat pada perdagangan Jumat (13/1) lalu. Rilis kinerja perusahaan perbankan kuartal IV 2022, yang diperkirakan terjadi penurunan laba sekitar 50 persen bisa memberikan tekanan terhadap pasar AS.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button