Ekonomi

Menteri ESDM Apresiasi Pertamina Atas Inisiasi Uji Coba Katalis

INDOPOSCO.ID – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengapresiasi kinerja Pertamina dalam menginisiasi uji coba dan pengembangan teknologi katalis untuk meningkatkan ketahanan dan kemandirian energi nasional sekaligus menjadi media hilirisasi riset.

“Kami sampaikan penghargaan yang tinggi ini pada Pertamina dan ITB yang telah memulai inisiasi kelanjutan dari proses riset inovasi yang dikembangkan dan itu diujicobakan di Kilang Pertamina,” kata Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam keterangan di Jakarta, Jumat (18/3/2022).

Setelah proses uji coba produksi katalis yang dilakukan oleh tim Research and Technology Innovation (RTI) Pertamina dan peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB), kini proyek pembangunan pabrik Katalis Merah Putih telah dilaksanakan melalui PT Katalis Sinergi Indonesia yang merupakan perusahaan patungan antara Pertamina Lubricants, Pupuk Kujang, dan Rekacipta Inovasi ITB di Cikampek, Jawa Barat.

Proyek itu merupakan salah satu proyek strategis nasional. Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, pabrik itu akan memproduksi katalis-katalis yang sepenuhnya dikembangkan dan dipatenkan secara mandiri di dalam negeri.

Produksi pabrik PT Katalis Sinergi Indonesia akan menghasilkan sekitar 800 ton katalis per tahun yang berasal dari dua lini produksi. Katalis Merah Putih yang diproduksi pada tahap awal terdiri dari katalis hydrotreating untuk keperluan Pertamina sebesar 64 persen dan katalis oleochemical untuk keperluan industri oleokimia di Indonesia sebesar 36 persen.

Uji coba produksi skala industri atau komersial Katalis Merah Putih tersebut telah berlangsung di Kilang Dumai pada Juli 2020 dan mampu menghasilkan produk Diesel 100 (D100) sebanyak 1.000 barel per hari.

Sebelumnya penelitian dan pengembangan formula, karakterisasi dan uji kinerja Katalis Merah Putih dalam skala laboratorium dilakukan di laboratorium TRKK Fakultas Teknologi Industri ITB, sedangkan pengujian skala proyek di RTI Pertamina.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button