Ekonomi

Kemenkeu: Dana Desa untuk BLT Desa 2021 Tersalur 70,29 persen

INDOPOSCO.ID – Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Astera Primanto Bhakti menyatakan Dana Desa untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa telah tersalurkan Rp20,24 triliun kepada 5,62 juta KPM dari pagu Rp28,8 triliun untuk 8 juta KPM atau 70,29 persen per akhir 2021.

“Dari segi BLT ini memang kita masih punya challenge karena ternyata dari target 8 juta KPM kita baru dapat sekitar 5,62 juta KPM,” katanya dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi XI DPR RI di Jakarta, Kamis (20/1).

Komposisi kelompok keluarga penerima manfaat (KPM) BLT Desa tersebut meliputi guru 0,19 persen, buruh pabrik 1,92 persen, nelayan dan buruh nelayan 3,43 persen, pedagang dan UMKM 4,29 persen, petani dan buruh tani 58,75 persen serta lain- lain 31,42 persen.

Astera menjelaskan penerima BLT Desa berdasarkan profesi sebagian besar adalah petani dan buruh tani sehingga menunjukkan bahwa bantuan pemerintah cukup menyasar kelompok target mengingat sesuai peta kemiskinan Indonesia sebagian besar di sektor pertanian.

Baca juga : Selewengkan BLT, Polisi Tangkap Kepala Desa di Garut

“Dari peta kemiskinan di Indonesia ini hampir sama karena sebagian besar di pertanian jadi di petani dan buruh tani,” ujarnya Kamis (20/1/2022), seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan BLT Desa tidak bisa tersalur dengan maksimal karena peran desa dan pemerintah daerah baik kabupaten/kota masih sangat minimal sehingga perlu didorong agar lebih aktif.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button