Ekonomi

Bea Cukai Gencarkan Workshop Identifikasi Pita Cukai 2022

Tekan Peredaran Barang Kena Cukai Ilegal

INDOPOSCO.ID – Setiap tahunnya, Bea Cukai dan Tim Konsorsium Pencetak Pita Cukai Peruri meluncurkan pita cukai baru, yang mengalami perubahan pada desain, warna, dan pembaruan atau penyempurnaan fitur keamanan. Untuk kebutuhan pita cukai di tahun ini, serah terima pita cukai desain terbaru dari Peruri ke Bea Cukai dan proses pendistribusian ke unit-unit vertikal Bea Cukai telah berlangsung sejak Desember 2021.

Sebagai tindak lanjut hal tersebut, Bea Cukai menggelar workshop identifikasi desain pita cukai yang secara resmi dimulai pada Kamis (20/1) di Kantor Pusat Bea Cukai. Workshop serupa juga akan dilaksanakan di delapan kantor Bea Cukai di seluruh Indonesia dari tanggal 25 Januari-15 Februari 2022.

Kepala Sub Direktorat Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengutarakan selain untuk tujuan edukasi, workshop tersebut juga merupakan salah satu upaya preventif yang dilakukan Bea Cukai untuk menghindari pemalsuan barang kena cukai yang merugikan negara dan masyarakat, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun kesehatan.

Baca Juga : Bea Cukai Berhasil Gagalkan Peredaran Jutaan Rokok Ilegal di Berbagai Wilayah

“Sesuai ketentuan, setiap tahun bukan hanya desain pita cukai yang mengalami perubahan, tetapi juga teknik identifikasinya yang berkembang. Oleh sebab itu, Bea Cukai dituntut untuk senantiasa meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan tugas pengawasan dan pelayanan. Melalui workshop ini, kami berupaya memberikan pemahaman di lingkup internal tentang bagaimana mengidentifikasi pita cukai,” ungkapnya.

Hatta mengatakan Bea Cukai juga akan secara kontinu mengedukasi para pengguna jasa dan masyarakat tentang pentingnya mengetahui keaslian pita cukai.

“Jika masyarakat paham bagaimana membedakan pita cukai asli dan palsu, maka akan dapat menghindari barang kena cukai ilegal di pasaran. Kami mengimbau masyarakat untuk bekerja sama dengan Bea Cukai, mewaspadai, serta melaporkan barang kena cukai ilegal, terutama yang tidak dilekati pita cukai asli atau dilekati pita cukai palsu. Peran aktif masyarakat kami yakini dapat membantu penindakan cukai di lapangan,” tegasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button