Ekonomi

3D Printer Edukasi Pertama di Indonesia Diluncurkan

INDOPOSCO.ID – 3D Printing atau cetak 3D telah menjadi popular di dunia Industri dan pendidikan beberapa tahun belakangan ini. Cetak 3D berbeda dengan pengertian cetak pada umumnya.

Dalam cetak 3D materi digabung di bawah kontrol komputer untuk membuat benda nyata dan tiga dimensi. Umumnya materi yang dipakai adalah plastik, namum dengan kemajuan teknologi, materi metal, keramik, bahkan bio-material sudah dipakai.

Di Indonesia, PT Inspira Kreatif membangun satu-satunya pabrik 3D printer lokal, perusahaan lokal ini tidak hanya merakit 3D printer, namun merancang printer beserta komponen-komponennya.

Baca Juga : Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2021 Resmi Dibuka

PT Inspira Kreatif Infinia biasa disebut Inspira Academy membangun pabrik 3D printer lokal, perusahaan lokal ini tidak hanya memproduksi 3D printer, namun merancang printer beserta komponen-komponennya.

Pada tahun 2021 Inspira Academy melahirkan 3D Pintar yaitu 3D Printer Edukasi pertama di Indonesia lengkap dengan kurikullum berbasis STEAM yang terintegrasi dan berjenjang sehingga siap digunakan oleh Sekolah di Indonesia dari TK-SMA. Selain itu Inspira Academy menyiapkan 3D Printer dan juga materi pelatihan untuk pekerja lepas sampai dengan industri dengan sistem daring yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Presiden Jokowi melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 18 Tahun 2020 tentang penerapan industri 4.0 menjadi salah satu major project dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, kontribusi nilai tambah, daya saing dan keberlanjutan industri nasional. Untuk diketahui salah satu tonggak industri 4.0 adalah terbentuknya ekosistem Teknologi 3D printer. Dengan hadirnya pabrik 3D printer lokal tersebut pertumbuhan industri ini kian tampak di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto mengatakan pemerintah berkomitmen membangun kompetensi SDM yang memenuhi syarat di era industri 4.0 melalui strategi pengembangan pendidikan dan pelatihan kejuruan dengan berfokus pada 3 lembaga kejuruan, yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Balai Latihan Kerja (BLK), dan Politeknik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button