Ekonomi

LPS Miliki Peran Fundamental Jaga Stabilitas Sistem Keuangan Tanah Air

INDOPOSCO.ID – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memiliki peran yang fundamental dalam menjaga stabilitas sistem keuangan Tanah Air dan dinilai mampu melewati krisis pandemi Covid-19.

Demikian yang mengemuka dalam diskusi ‘Forwada Online Media Workshop 2021 – Menelisik Peran LPS dalam Memantik Pertumbuhan Kredit Perbankan’ pada Jumat (24/12/2021).

Direktur Group Riset LPS, Herman Saheruddin mengatakan, LPS merupakan bagian dari empat pilar Komite Stabilitas Sistem Keuangan Nasional (KSSK) yang berfungsi menjamin simpanan nasabah bank dan turut aktif dalam menjaga stabilitas sistem perbankan.

“Sebagai otoritas penjamin simpanan dan resolusi bank, LPS berkomitmen penuh untuk terus menjaga dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada industri perbankan nasional dalam upaya membangun NKRI melalui perekonomian yang kuat dan stabil,” ujar Herman.

Selama periode Januari 2020 – Desember 2021, LPS telah memangkas Tingkat Bunga Penjaminan (TBP) rupiah sebesar 275 bps dan 150 bps untuk valuta asing. TBP pada bank umum dan BPR saat ini masing-masing 3,50 persen dan 6,00 persen serta untuk valuta asing 0,25 persen.

Di sini, LPS akan terus melakukan pemantauan dan evaluasi atas TBP sesuai perkembangan data dan informasi terkini yang tersedia dengan tetap memperhatikan progress pemulihan ekonomi, likuiditas perbankan, serta stabilitas sistem keuangan nasional.

Baca Juga: BRI Siap Terapkan BI-Fast di BRImo, Ini Manfaat yang Didapat Nasabah

Sementara, Direktur PT Bank BCA Syariah, Pranata mengungkapkan, kondisi perbankan di tahun 2022 diproyeksikan dapat tumbuh positif. Dengan modal cukup kuat dan likuiditas perbankan yang cukup longgar, di 2022 perbankan masih memiliki kemampuan untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button