Ekonomi

Kapasitas Petani Garam di Desa Devisa Kusamba Ditingkatkan

INDOPOSCO.ID – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank dari Nusa Gastromy Foundation telah menggelar pelatihan kepada petani garam dan anggota Koperasi LEPP Mina Segara Dana di Desa Kusamba, Klungkung, Bali pada Selasa (7/12/2021).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari sinergi LPEI dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung yang telah meresmikan Klungkung menjadi Desa Devisa ke-26 pada 6 November 2021.

“Pendampingan melalui program Desa Devisa ini bertujuan mendorong koperasi dan para petani garam di Desa Kusamba menjadi eksportir melalui serangkaian pendampingan berdasarkan kebutuhan koperasi dan petani,” ujar Kepala Divisi Jasa Konsultasi LPEI, R.Gerald Setiawan Grisanto kepada media, Rabu (22/12/2021).

Baca Juga : LPEI Resmikan Program Desa Devisa Rumput Laut di Sidoarjo

Program ini membantu mempersiapkan calon eksportir untuk memenuhi permintaan pasar global sesuai standar produk ekspor, sekaligus meningkatkan kapasitas dari sisi manajemen ekspor maupun teknik produksi.

Gerald menjelaskan, bentuk program yang akan diberikan kepada petani dan anggota koperasi di Desa Devisa Garam Kusamba, di antaranya pelatihan produksi Bali sea salt rub, aspek branding dan digitalisasi. Termasuk mengikuti pameran dagang, business matching, serta pendampingan pengurusan sertifikasi produk.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button