Ekonomi

Bea Cukai Gandeng FedEx Express untuk Majukan Ekspor UMKM

INDOPOSCO.ID – Pemerintah masih terus berupaya menggenjot roda perekonomian yang belum sepenuhnya stabil akibat dampak pandemi Covid-19, salah satunya dengan meningkatkan volume ekspor. Untuk mengoptimalkan upaya ini, Bea Cukai menggandeng PT FedEx Express selaku Perusahaan Jasa Titipan (PJT) untuk turut berperan memfasilitasi pelaku UMKM dalam memasarkan produk unggulan mereka ke pasar internasional.

Dalam acara peresmian PT FedEx Express cabang Semarang, Senin (29/11/2021), Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas Anton Martin mengatakan Bea Cukai Tanjung Emas mendukung penuh ekspansi bisnis PT FedEx Express. “Harapannya bukan sekedar ekspansi perusahaan, namun juga dapat menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi dan peningkatan investasi melalui kelancaran arus barang impor dan ekspor. Selain itu, bisa membantu memfasilitasi pengiriman produksi pelaku usaha lokal ke manca negara,” katanya.

Baca Juga: Gali Potensi Ekspor Daerah, Bea Cukai Beri Asistensi Pada Pelaku UMKM

Anton menjelaskan bahwa proses bisnis di era ekonomi digital telah merubah sistem perdagangan dunia, masyarakat sekarang tak perlu melakukan perjalanan atau mendatangi pusat perbelanjaan, cukup melalui marketplace atau e-commerce tanpa membuang banyak biaya, tenaga dan waktu. Kemudahan ini dapat memberikan dampat positif bagi pelaku UMKM dan membuka peluang usaha lebih luas karena penjualan online tidak terbatas ruang.

Bea Cukai berkomitmen untuk memfasilitasi kelancaran dan percepatan arus logistik. UMKM memiliki peran yang sangat besar dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi bangsa. Jika mampu menyesuaikan pasar digital, UMKM tak hanya dapat menjangkau pasar domestik namun dapat menembus pasar global. Pemerintah harus memastikan dukungan berkelanjutan sehingga dapat memberikan kontribusi signifikan pada perekonomian nasional,” terang Anton.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button