Ekonomi

20 Paket Wisata Baru Kampung Cikadu Tanjung Lesung Diluncurkan

INDOPOSCO.IDTanjung Lesung di Provinsi Banten menjadi salah satu dari destinasi super prioritas telah bersiap menerima kunjungan wisatawan. Sepinya roda ekonomi pariwisata akibat pandemi dalam hampir dua tahun terakhir jelas berdampak pada kawasan ekonomi khusus itu.

Dan tiba saatnya bagi Tanjung Lesung untuk bangkit kembali membangun dan mensejahterakan masyarakatnya melalui ekonomi pariwisata. Kawasan itu dikembangkan dengan melibatkan berbagai pihak termasuk kalangan swasta dan perguruan tinggi.

Salah satunya President University yang mendapat dukungan nyata dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, dalam bentuk Matching-Fund untuk penciptaan kolaborasi dan sinergi strategis dengan pihak Industri.

Baca Juga : Berwisata ke Obelix Hills Yogyakarta

Dalam mengemban dukungan itu, President University bekerja sama dengan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Tanjung Lesung, PATA (Pacific Asia Tourism Association) Indonesia, ASITA (The Association of Indonesia Travel Agents), dan WTD Indonesia (World Tourism Day).

Kolaborasi itu menangani kegiatan Akselerasi dan Komersialisasi Kampung Wisata Cikadu, Desa Tanjung Jaya di Kawasan Penyangga (buffer-zone) KEK Tanjung Lesung, yang berjarak 180 km dari Jakarta, atau ditempuh sekitar 3 jam via Tol Jakarta-Merak dengan =mobil.

KEK Tanjung Lesung merupakan salah satu dari 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) prioritas yang ditetapkan Pemerintah untuk dikembangkan, dan salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sektor Pariwisata di Indonesia.

Baca Juga : Pulau Kolorai, Malut, Ditetapkan Kemenparekraf Jadi Daerah Wisata

Penetapan KEK Tanjung Lesung sebagai kawasan pariwisata merupakan salah satu program pemerintah dalam peningkatan perekonomian nasional, selain peningkatan pendapatan negara, KEK ditujukan sebagai “trigger effect” bagi wilayah sekitarnya.

Dengan penetapan itu, kawasan KEK Tanjung Lesung direncanakan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi Banten bagian selatan. Dan hub dari KSPN KEK Tanjung Lesung, berada di Kampung wisata Cikadu, Desa Tanjung Jaya.

Menurut Dr. Agus Canny, M. A., M. Sc., Executive Director, PATA Indonesia, kerja sama perguruan tinggi dengan industri diharapkan dapat mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Hal ini tidak lain bertujuan untuk menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi dan keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat Desa Tanjung Jaya secara berkesinambungan, menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang inklusif, dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas kehidupan generasi berikutnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button