Ekonomi

Realisasi Investasi Triwulan III-2021 Capai Rp216,7 Triliun

INDOPOSCO.ID – Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi sepanjang triwulan III-2021 mencapai Rp216,7 triliun di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) akibat melonjaknya kasus Covid-19.

Meski tercatat tumbuh 3,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy), namun capaian tersebut tercatat melambat 2,8 persen dibandingkan triwulan sebelumnya (quarter-to-quarter/q-t-q).

“(Penurunan) lebih disebabkan karena memang selama tiga bulan ini kami bisa bekerja maksimal hanya 1,5 bulan. (Sisa) 1,5 bulannya kita tahu pandemi Covid-19 tapi kita tetap kerja terus, kita kawal perusahaan end- to- end, dan kita turunkan tim ke lapangan,” kata Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam paparan kinerja triwulan III-2021 secara daring di Jakarta, Rabu (27/10).

Baca Juga : Insentif Tarif Pungutan Ekspor CPO Dorong Investasi

Di sisi lain, Bahlil mengatakan tumbuhnya capaian realisasi investasi secara yoy mencerminkan bahwa kemungkinan pengusaha/investor kini telah beradaptasi dengan kondisi pandemi dan tetap percaya diri merealisasikan investasinya.

Secara rinci, total realisasi investasi itu berasal dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) yang mencapai Rp113,5 triliun dan penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp103,2 triliun.

Bahlil menjelaskan, realisasi PMA sepanjang Juli-September turun secara q-t-q sebesar 11,6 persen, sementara secara yoy turun 2,7 persen.

“Memang PMA kita, pada saat PPKM, banyak tenaga ahli tidak bisa masuk karena protokol Covid dan arus barang masuk dari luar negeri juga sedikit terhambat karena pandemi,” katanya, seperti dikutip Antara.

Kendati realisasi PMA turun, di sisi lain, PMDN naik 6,8 persen secara q- t- q dan tumbuh 10,3 persen secara yoy.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button