Ekonomi

Kontribusi Sawit terhadap Ekonomi dari Lapangan Kerja hingga Ekspor

INDOPOSCO.ID – Industri kelapa sawit di Indonesia tercatat memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia mulai dari pembukaan 16,2 juta lapangan kerja di seluruh Indonesia hingga ekspor produk nonmigas terbesar, kata pejabat Kemenko Perekonomian.

“Kelapa sawit ini tulang punggung perekonomian kita. Data menunjukkan kelapa sawit kontribusinya terhadap pertumbuhan dari total PDB mencapai 3,5 persen, kontribusi yang sangat baik,” kata Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Perkebunan Kemenko Perekonomian Mochammad Edy Yusuf di Jakarta, Selasa (24/8).

Ia menambahkan keterlibatan tenaga kerja di industri kelapa sawit telah mencapai 16,2 juta, yaitu 4,2 juta pekerja langsung dan 12 juta pekerja tidak langsung.

Berdasarkan data yang diolah dari Kementerian Dalam Negeri dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Edy menyatakan total ekspor kelapa sawit juga tumbuh sejak 2015 mencapai 18,6 miliar dollar AS hingga pada 2020 sebesar USD24,2 miliar.

“Kalau dilihat persentase pada 2020 ini sudah mencapai 15,6 persen dari total ekspor nonmigas,” ujarnya, dikutip dari Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button