Nasional

Belum Ada Urgensi Amandemen UUD RI 1945

INDOPOSCO.ID – Ketua Fraksi Partai NasDem MPR RI Taufik Basari menegaskan belum ada urgensi untuk dilakukannya amandemen terbatas terhadap UUD RI 1945.

Dia menilai gagasan amandemen terbatas hanya untuk satu atau dua pasal sulit dilakukan, karena norma konstitusi kait berkait antara yang satu dengan lainnya.

“Sikap NasDem sudah jelas terkait usulan amandemen terbatas terhadap UUD RI 1945, kami melihat saat ini belum ada urgensi untuk dilakukan amendemen konstitusi,” kata Taufik saat dikonfirmasi Antara di Jakarta, Selasa (24/8).

Menurut dia, keinginan untuk melakukan amandemen terbatas yaitu hanya untuk memunculkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN), tidak bisa serta merta dilakukan begitu saja tanpa berdampak kepada sistem ketatanegaraan saat ini, seperti kedudukan MPR sebagai lembaga negara serta kedudukan dan pertanggungjawaban Presiden.

Sementara itu dia menilai, jika tetap ingin melakukan amandemen terbatas maka akan selalu berpotensi membuka kotak pandora untuk mengubah pasal-pasal lain.

“Namun karena perubahan amandemen harus berbasiskan kepada adanya kebutuhan dengan keinginan yang kuat dari rakyat, maka suara rakyat harus terlebih dahulu didengarkan,” ujarnya.

Taufik mengatakan amandemen konstitusi boleh saja dilakukan karena Pasal 37 UUD RI 1945 memberikan peluang tetapi untuk memutuskannya harus ada pelibatan publik secara luas tidak bisa hanya ditentukan pimpinan MPR atau sebagian fraksi di MPR saja.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button