Ekonomi

Ekonom: Belanja Pemerintah Masih Dibutuhkan Meski Ada Pelonggaran PPKM

INDOPOSCO.ID – Ekonom Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menilai belanja pemerintah masih dibutuhkan sampai akhir 2022, meski Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jabodetabek serta 15 kabupaten atau kota lain sudah turun ke level 3.

“Pelonggaran bukan berarti ekonomi langsung normal yang berarti, support, belanja pemerintah masih konsisten dibutuhkan setidaknya hingga akhir 2022,” tutur Bhima seperti dikutip Antara, Selasa (24/8/2021).

Pelonggaran PPKM dari level 4 ke 3 akan memperbaiki konsumsi rumah tangga, namun secara terbatas. Konsumsi diperkirakan belum bisa kembali tinggi seperti pada kuartal II-2021 sebelum pengetatan PPKM.

Pasalnya, meskipun pusat belanja mulai diizinkan untuk dikunjungi, daya beli kelas menengah belum mendukung belanja yang tinggi. Di samping itu, kapasitas kerja di kantor masih dibatasi maksimal sampai 25 persen untuk sektor non esensial.

“Artinya beberapa pekerja masih berada di rumah. Sementara itu pengunjung mal kan juga pekerja perkantoran, jadi satu sektor dilonggarkan tetapi sektor lain masih dibatasi belum akan berpengaruh banyak,” imbuh Bhima.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button