Ekonomi

Berkat PEN, Terjadi Pemulihan Makro Ekonomi

INDOPOSCO.ID – Pemerintah mengklaim indikator makro ekonomi menunjukkan pemulihan berkat pemberian stimulus melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). “Kita menyadari bahwa stimulus yang kita gelontorkan itu memang mengenai sasaran. Penyerapan PEN ini mampu memperbaiki ekonomi yang melemah akibat pandemi,” kata Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kementerian Keuangan RI Kunta Wibawa dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (7/5/2021) malam.

Laporan 31 April 2021 menunjukkan program PEN telah terealisasi sebesar, Rp155,6 triliun atau sebesar 22,3 persen dari pagu Rp699,43 triliun. Kunta mengatakan, pemerintah tidak hanya menggelontorkan dana dukungan dari sisi permintaan masyarakat tapi juga membuka keran permintaan termasuk mendukung pembiayaan bagi UMKM.

”Dari sisi pembiayaan UMKM, pemerintah memberikan stimulus subsidi bunga kredit, dengan begitu mereka bisa berusaha kembali, arus kasnya tidak terganggu, kita juga mendorong dari sisi permintaan supaya masyarakat belanja,” ujarnya dilansir Antara.

Dengan target seperti itu, lanjut Kunta, menunjukkan stimulus program PEN sudah sesuai dan mencapai targetnya. Inilah yang diyakini oleh Kunta bisa membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia menuju ke nol persen dari posisi minus. Pemerintah berharap pada kuartal kedua 2021, pertumbuhan ekonomi akan jauh lebih baik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button