Ekonomi

Simak Tips Sukses Pelaku Usaha di Era Normal Baru Ramadan Tahun Ini

INDOPOSCO.ID – Tahun 2020 menjadi masa yang penuh tantangan. Banyak orang yang harus melewatkan momen penting seperti Ramadan, sebagai dampak dari pandemi.

Namun, tahun ini menghadirkan harapan baru bagi masyarakat Indonesia dalam menyambut bulan suci, seiring dengan semakin diterapkannya versi normal baru terkini.

Untuk membantu para pelaku bisnis, agar semakin dekat dengan konsumennya dibutuhkan kampanye pemasaran yang tepat.

“Di Ramadan 2020, pola belanja konsumen masih serupa dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Sedikit perbedaan terletak pada platform yang digunakan untuk berbelanja, yaitu di ranah online,” ujar Country Director ADA in Indonesia Faradi Bachri dalam keterangan, Kamis (18/3/2021).

Ia menuturkan, pada kondisi normal baru konsumen akan cepat beradaptasi dengan platform digital. Hal ini didorong oleh keinginan mereka untuk memenuhi kebutuhan.

“Ada 3 kelompok konsumen yang paling menonjol di Ramadan 2021. Mereka di antaranya konsumen health and beauty lovers, home electronic lovers dan domestic travelers,” bebernya.

Segmentasi konsumen tersebut, menurut dia, semakin mahir dan nyaman memanfaatkan platform digital untuk aktivitas sehari-hari. Dengan memahami perubahan perilaku konsumen dari offline ke online, produsen harus mampu membuat rencana dan strategi yang relevan.

“Memasuki bulan Ramadan tahun ini, produsen harus melakukan komunikasi pemasaran secara efektif dengan mengoptimalkan teknologi digital yang nyaman,” katanya.

Selain itu, pelaku usaha harus meningkatkan volume media inventory untuk mendorong kinerja bisnis. Hal ini seiring dengan lonjakan belanja konsumen selama minggu pertama dan terakhir Ramadan.

“Produsen juga harus bisa menciptakan kembali nuansa perayaan Idul Fitri secara online. New Normal Ramadan juga bisa menjadi peluang bisnis,” katanya. (nas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button