Ekonomi

Jaga Stabilitas Produk, Paskomnas Siap Sediakan Tenaga Pendidik bagi Mitra Petani

INDOPOSCO.ID – Direktur Utama Pasar Komoditi Nasional (Paskomnas), Hartono menyatakan lembaganya siap menyediakan tenaga pelatih untuk mendidik petani dalam hal penanganan pasca panen. Tujuannya agar produk yang sampai di Paskomnas sudah bisa langsung diserahkan ke pemesan.

“Kami siap membantu petani yang bekerja sama dengan pasar-pasar yang berada dalam naungan Paskomnas. Dengan pendidikan yang cukup, maka produk pertanian yang dihasilkan bisa terjaga kualitasnya dan memenuhi standar keinginan konsumen,” ujar Hartono kepada indoposco.id, Selasa (9/2/2021).

Hartono menyatakan, Pasar Induk Tanah Tinggi yang berada di bawah Paskomnas didirikan dengan tujuan untuk membantu petani memasarkan produknya dengan lebih baik dengan memberikan akses pasar, sehingga memberikan kepastian pada petani dalam menjual hasil pertaniannya.

“Selama ini, sinergi antara pihaknya dengan pemerintah dimaksudkan untuk membantu petani dalam meningkatkan kesejahteraan petani dan juga kestabilan harga,” katanya.

Hartono menyatakan, selain Pasar Induk Tanah Tinggi, Paskomnas juga memiliki jaringan pasar induk lain yang berada di Palembang dan Surabaya. “Dengan konsep pasar induk berjaringan ini, akan memudahkan terjadinya pergerakan barang dari suatu daerah yang surplus ke daerah yang minus, sehingga dapat menciptakan keseimbangan dan kestabilan harga,” tuturnya.

Sebelumnya, Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan terus berupaya dan siap berkolaborasi dengan semua pihak yang memiliki visi dan misi sejalan untuk menghadirkan model kemitraan agribisnis yang terintegrasi dari hulu ke hilir.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button