Ekonomi

Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional, Bea Cukai Asistensi Ekspor Langsung dari Daerah

INDOPOSCO.ID – Program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang dicanangkan pemerintah sebagai upaya penanggulangan dampak Covid-19, salah satunya dilakukan dengan menggali potensi dan mendorong kegiatan ekspor di berbagai daerah. Bea Cukai sebagai instansi yang memiliki kewenangan dalam tata laksana ekspor secara aktif membantu para pelaku usaha yang berskala mikro, kecil, dan menengah ataupun berskala besar untuk dapat melakukan ekspor atas hasil produksinya.

Bea Cukai Wilayah Riau dan Bea Cukai Pekanbaru memberikan asistensi untuk ekspor perdana PT Karunia Alam Riau. Perusahaan yang memproduksi wooden cooler box tersebut mengirim hasil produksinya ke Kansas, Amerika Serikat.

“Pada kesempatan kali ini PT Karunia Alam Riau mengirim 430 unit hasil produksi dari kontrak keseluruhan sebanyak 10.000 unit wooden cooler box. Nilai devisa ekspor dari barang yang dikirim kali ini mencapai USD 24.811 atau sekitar Rp350 juta. Sementara total nilai keseluruhannya diperkirakan mencapai USD570.500 atau sekitar Rp8 miliar,” ungkap Kepala Kanwil Bea Cukai Riau, Ronny Rosfyandi.

PT KAR merupakan UMKM pertama di Pekanbaru yang melaksanakan ekspor. Melalui pusat logistic berikat (PLB) wooden cooler box dikemas dengan aksesoris yang diimpor dari China kemudian diekspor ke Kansas, Amerika Serikat. Perusahaan mendapatkan fasilitas fiskal berupa penangguhan bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PDRI) yang diberlakukan untuk barang impor yang diimpor ke PLB. Bea Cukai sepenuhnya memberikan asistensi dan dukungan kepada PT KAR untuk dapat memasarkan produknya di pasar internasional.

Ronny menambahkan bahwa Bea Cukai telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung program PEN. “Dimulai dengan penggalian potensi ekspor oleh pengusaha UMKM/IKM, baik secara mandiri maupun berkoordinasi dengan pemerintah daerah, sampai dengan sosialisasi dan asistensi terkait kemudahan dalam melakukan ekspor oleh pengusaha UMKM/IKM,” kata Ronny.

Bea Cukai Riau, dijelaskan Ronny, ingin membuktikan dan meyakinkan para pengusaha UMKM/IKM bahwa ekspor itu mudah dan Bea Cukai siap dalam membantu, membina dan mengasistensi UMKM/IKM sampai dapat dilakukannya ekspor.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button