Ekonomi

Awal Tahun 2021, Bea Cukai Kembali Gencarkan Ekspor Berbagai Komoditi

INDOPOSCO.ID – Sebagai upaya menggenjot ekspor, Bea Cukai kembali menggelontarkan fasilitas eksportasi berbagai komoditas yang tersebar di beberapa wilayah, di antaranya Yogyakarta, Luwuk, Merauke dan Semarang.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga, Syarif Hidayat, menyampaikan, mengawali tahun 2021, Bea Cukai Yogyakarta melayani dokumen ekspor PT Mega Andalan Kalasan (MAK).

“Sebanyak 88 box Hospital Furniture diekspor ke Melbourne, Australia. Nilai devisanya mencapai USD 45.504 atau sekitar 640 juta rupiah,” ungkap Syarif.

PT MAK adalah salah satu perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat. Selain melakukan ekspor ke Australia, MAK juga mengirim produknya ke Jepang, Myanmar, Filipina, Perancis, dan negara-negara lain.

Kemudian, Bea Cukai Yogyakarta juga memfasilitasi ekspor oleh CV Berkat Marina Jaya yang telah melakukan tiga kali ekspor ikan segar dengan total berat 1.311,30kg dengan jumlah devisa mencapai USD1.818,89. Petugas Bea Cukai Jogja berkoordinasi dengan Karantina melakukan pemeriksaan setiap ikan yang akan diekspor tersebut melalui Bandara Yogyakarta International Airport.

Selain itu, lanjut Syarif, geliat perekonomian di wilayah perbatasan negara di Papua Selatan, tepatnya di Kelurahan Asiki, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digul, mulai bangkit dengan realisasi ekspor produk Crude Palm Oil (CPO) yang dilakukan oleh PT Bio Inti Agrindo ke negara India.

Berdasarkan laporan pemeriksaan fisik dan pengawasan pemuatan barang yang dilakukan oleh petugas Bea Cukai Merauke, realisasi ekspor CPO yang dilakukan oleh PT Bio Inti Agrindo sebesar 6.375 Metric Ton (MT) dengan penerimaan bea keluar sebesar Rp6,6 miliar dan penerimaan dana sawit sebesar Rp20,1 miliar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button