Olahraga

Sprinter Justin Gatlin Umumkan Pensiun dari Atletik

INDOPOSCO.ID – Bintang sprinter Amerika Serikat (AS) Justin Gatlin mengumumkan keputusan pensiun dari atletik, Jumat, mengakhiri kariernya yang diwarnai kontroversi doping, termasuk saat meraih medali emas Olimpiade dan beberapa gelar dunia.

Veteran berusia 40 tahun, yang memenangi emas nomor 100m di Olimpiade Athena 2004, mengonfirmasi keputusan pensiunnya dalam sebuah unggahan di Instagram berjudul “Dear Track.”

“Saya selalu menyukai lintasan lari. Dia memberikan saya air mata kesedihan dan kegembiraan, pelajaran yang tidak akan pernah terlupakan,” tulis Gatlin, seperti dikutip Antara, Sabtu (12/2/2022).

“Obor telah padam, tapi cinta tak akan akan pernah pudar. Bersedia, siap… Hilang!”

Baca juga : Sprinter Indonesia Alvin Tehupeiory Tembus Babak Utama Olimpiade Tokyo

Pensiunnya Gatlin sudah lama diharapkan. Dia telah berusaha lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo tahun lalu, tetapi gagal setelah mengalami cedera hamstring pada uji coba AS di Eugene.

Dalam kariernya, Gatlin pernah mengawinkan gelar nomor 100m dan 200m di Kejuaraan Dunia di Helsinki pada 2005, memenangi emas 100m di London, dan mencetak kemenangan langka atas ikon Jamaika Usain Bolt.

Selain itu, dia juga merupakan bagian dari tim estafet 4x100m yang meraih emas untuk AS pada Kejuaraan Dunia Doha 2019.

Namun karier Gatlin sempat tersandung skandal, dan sempat dua kali mendapat skors karena pelanggaran doping.

Pelanggaran doping pertamanya muncul pada 2001 ketika dia ditemukan positif menggunakan Adderall, zat yang mengandung amfetamin. Gatlin telah menggunakan obat tersebut sejak kecil untuk mengobati gangguan pemusatan perhatian.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button