Olahraga

Piala Presiden Esports 2021 Momentum Tumbuhkan Jumlah Game Lokal

INDOPOSCO.ID – Penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 dinilai menjadi momentum bagi kebangkitan dan pertumbuhan industri game lokal buatan Indonesia. Diharapkan ajang ini dapat menjadi stimulus dan ikut mempopulerkan game Tanah Air ini.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Neil El Himam mengatakan, Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan game buatan anak bangsa. Dari 17 subsektor ekonomi kreatif binaan Kemenparekraf, game menunjukkan pertumbuhan yang positif di tengah pandemi Covid-19.

“Game-game Indonesia banyak diminati di luar negeri, misalnya saat kemarin kami membawa sejumlah game lokal ke Game Connection America. Banyak pihak yang tertarik untuk mem-publish game-game Indonesia serta melakukan investasi,” ujarnya, dalam acara bincang media bertajuk “Industri Game Lokal dan Bangga Buatan Indonesia” yang merupakan bagian rangkaian kegiatan Piala Presiden Esports 2021, pada Rabu (3/11).

Baca Juga :  107 Ribu Atlet Ikuti Piala Presiden Esports 2021

Selain Neil El Himam, hadir sebagai narasumber yaitu Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan; Presiden Asosiasi Game Indonesia (AGI), Cipto Adiguno; CEO Semisoft and COO BANG Indonesia, Henry William Winata; Executive Vice President BCA, I Ketut Alam Wangsawijaya; dan Sekretaris Jenderal Piala Presiden Esports 2021, Matthew Airlangga.

Hal senada juga disampaikan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan. Menurutnya, ekosistem game lokal tersebar mulai dari Barat hingga ke Timur Indonesia. Pemerintah terus melakukan berbagai upaya seperti penyetaraan pemain dan developer game, sertifikasi game lokal, serta menyelenggarakan berbagai program pembinaan, fasilitas atau insentif guna mendorong pertumbuhan industri game lokal Tanah Air.

Baca Juga :  Dorong Pertumbuhan Pariwisata, PPE 2021 Usung Konsep Sports Tourism

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button