Nusantara

Titik Panas Masih Terdeteksi di Hutan Kaltim Meski Musim Hujan

INDOPOSCO.ID – Sejumlah titik panas, baik akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) maupun sebab lain, masih terjadi di Kalimantan Timur (Kaltim) meski di musim hujan, hal ini terjadi karena di kawasan tertentu mengalami hari tanpa hujan dalam beberapa hari.

“Meskipun saat ini masih musim hujan, namun tidak setiap hari terjadi hujan, ada potensi sejumlah kawasan di Kaltim mengalami panas beberapa hari,” ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Kota Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Ahad (22/1).

Akibat dari adanya panas beberapa hari dan secara berturut-turut tersebut, maka hal ini kemudian menimbulkan daun dan ranting menjadi kering sehingga rawan terbakar.

Berita Terkait

Untuk itu ia mengimbau semua elemen masyarakat turut menjaga lingkungan agar tidak terjadi kebakaran lahan maupun hutan, termasuk di kawasan pemukiman pun harus dijaga.

Semua pihak, diimbau tidak membuang puntung rokok sembarangan, tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan, dan menghindari berbagai aktivitas lain yang dapat memicu kebakaran.

Sejumlah titik panas yang kerap terjadi di musim hujan ini seperti pada dua hari lalu (Jumat, 20/1), pihaknya mendeteksi adanya enam titik panas yang tersebar pada tiga kabupaten di Kaltim.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button