Nusantara

Jumlah Penderita DBD Lebak Meningkat

INDOPOSCO.ID – Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Banten, mengajak masyarakat mencegah penyebaran kasus penyakit demam berdarah dengue (DBD) melalui gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

“Gerakan PSN itu dinilai lebih efektif untuk memutus mata rantai penyebaran DBD,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak Triatno Supiyono seperti dikutip Antara, Kamis (15/12/2022).

Penyebaran kasus DBD di Kabupaten Lebak cenderung meningkat hingga November 2022 mencapai 669 kasus dan empat di antaranya dilaporkan meninggal dunia, sedangkan tahun sebelumnya sekitar 500 kasus.

Berita Terkait

Meningkatnya kasus DBD itu seiring musim hujan, sehingga perlu ditangani secara komprehensif melakukan gotong royong untuk melaksanakan PSN. Sebab, PSN dengan melakukan kegiatan 3M (Mengubur, Menguras, dan Menutup) barang-barang bekas dan menaburkan bubuk larvasida pada bak mandi yang terdapat genangan air di dalam lingkungan rumah atau di lingkungan.

Dimana musim hujan dipastikan banyak bermunculan genangan air yang dapat menjadi lokasi perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti.

Biasanya, ujar dia, musim hujan kelangsungan hidup nyamuk DBD akan lebih lama, sebab tingkat suhu kelembaban cukup tinggi.

“Kami minta masyarakat yang tinggal di lingkungan pemukiman agar rutin setiap pekan melaksanakan PSN untuk mematikan jentik-jentik nyamuk sehingga tidak berkembang biak populasi nyamuk Aedes Aegypti itu,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button