Internasional

PBB Adopsi Resolusi Bebas Sampah yang Diajukan Turki

INDOPOSCO.ID – Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan suara bulat mengadopsi resolusi tentang gerakan bebas sampah (zero waste), yang diajukan oleh Turki.

Resolusi yang dipresentasikan bersama dengan 105 negara lainnya membahas upaya pembangunan berkelanjutan melalui inisiatif bebas sampah yang diluncurkan oleh Ibu Negara Turki Emine Erdogan pada 2017.

Majelis Umum menyatakan 30 Maret sebagai Hari Internasional Bebas Sampah dalam resolusi tersebut yang diadopsi pada Rabu (14/12) itu.

Resolusi tersebut mengharuskan Sekretaris Jenderal PBB untuk membentuk dewan penasihat selama tiga tahun yang terdiri dari individu-individu yang dipilih berdasarkan “pengetahuan, pengalaman, dan keahlian” mereka untuk mempromosikan prakarsa nol sampah di tingkat lokal dan nasional.

Resolusi juga merekomendasikan kelanjutan diskusi tentang inisiatif bebas sampah sambil mendorong negara-negara anggota, organisasi di bawah PBB, dan badan internasional serta regional lainnya untuk menerapkan inisiatif bebas sampah di semua tingkat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button