Nusantara

Pj Gubernur Al Muktabar Optimistis Perekonomian Banten Semakin Baik

INDOPOS.CO.ID – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengungkapkan, data indikator makro Provinsi Banten saat ini cukup baik. Dirinya optimistis perekonomian Provinsi Banten tumbuh semakin baik dalam menghadapi tantangan ke depan.

Hal itu diungkap Al Muktabar kepada wartawan usai panen cabai merah bersama dalam Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) yang dilaksanakan oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Banten, Rabu (9/11/2022)

Ditegaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten bersama TPID dalam beberapa bulan terakhir konsen menjaga laju angka inflasi. Banyak upaya yang dilakukan, salah satunya memasyarakatkan tanaman cabai dan padi di seluruh kabupaten/kota. Data Badan Pusat Statistik, kedua komoditas itu menjadi penyumbang utama angka inflasi.

Al Muktabar juga menegaskan dirinya bersama Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten dan pemerintah kabupaten/kota serta masyarakat Banten akan terus bersama menangani persoalan ini.

“Oleh karena itu masyarakat diimbau agar tidak perlu panik. Kita akan bersama menyelesaikan ini,” tegasnya.

Masih menurut Al Muktabar, di tengah kondisi global yang kurang baik ini, kondisi perekonomian dan inflasi di Provinsi Banten cukup terjaga dengan baik. Inflasi kita pada bulan Oktober 2022 (year to year) sebesar 5,64 persen, berada di bawah angka inflasi nasional sebesar 5,71%. Serta pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten mencapai 5,70%. Berada di atas pertumbuhan ekonomi secara nasional yang mencapai 5,44%. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Agustus 2022 Provinsi Banten sebesar 8,09 persen atau turun 0,89 persen poin dibandingkan dengan Agustus 2021.

“Kita optimistis keadaan ini akan semakin membaik pada tahun 2023 nanti. Provinsi Banten akan berkontribusi dalam pembangunan Indonesia,” tegasnya.

Kegiatan yang melibatkan Kelompok Tani (Poktan) Bina Tani setempat itu dilaksanakan di Kampung Kadu Kombong, Desa Menes, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang yang dihadiri langsung oleh Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button