Nusantara

Larangan Ekspor CPO Dicabut Pulihkan Industri Sawit di Kalbar

INDOPOSCO.ID – Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), M. Munsif menilai dengan adanya pencabutan larangan ekspor minyak kelapa sawit atau CPO akan memulihkan kembali geliat industri ini.

“Meskipun kita saat ini mesti perlu bersabar menunggu diterbitkannya Permendag baru yang merevisi atau mencabut Permendag 22 Tahun 2022 agar menjadi jelas. Apakah implikasi kebijakan Presiden tersebut membuka ekspor semua produk CPO dan turunannya atau sebatas produk minyak goreng saja,” ujarnya di Pontianak, Sabtu (21/5/2022), seperti dikutip Antara.

Ia menambahkan pihaknya dan seluruh pekebun sawit serta para pelaku industri kelapa sawit tentu berharap pernyataan Presiden meskipun tidak secara lugas menyebut CPO dan turunannya dikandung maksud seperti harapan semua pihak yakni pencabutan larangan sebagaimana substansi Permendag 22 tahun 2022.

“Dengan kebijakan pencabutan larangan ekspor CPO dan turunannya tersebut perdagangan CPO domestik dan pasar ekspor akan bergerak lagi dan penjualan Tanda Buah Segara (TBS) sawit ke Pabrik Kelapa Sawit (PKS) untuk diolah menjadi CPO akan bergerak normal kembali,” ucapnya.

Menurut dia, pencabutan larangan ekspor ini harus jadi momentum untuk menata lagi hubungan kemitraan kelembagaan pekebun dengan PKS dalam penerapan tata niaga TBS sawit.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button