Nusantara

Ramadhan, Perajin Rebana Kota Malang Banjir Pesanan

INDOPOSCO.ID – Perajin alat musik berbentuk bundar dan pipih atau yang biasa dikenal dengan sebutan rebana yang ada di wilayah Kota Malang, Jawa Timur mengaku kebanjiran pesanan pada Ramadhan kali ini.

Seorang perajin rebana Arif Priyadi di Kota Malang, Sabtu mengatakan bahwa pada bulan suci Ramadhan kali ini, bisnis yang digelutinya sejak 2013 tersebut mendapatkan pesanan rebana cukup banyak dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk Ramadhan kali ini berbeda ada pesanan rebana dan jumlahnya meningkat. Ini berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” kata Arif.

Arif menjelaskan, selama kurang lebih sembilan tahun berprofesi sebagai perajin rebana, pada 2022 khususnya pada saat Ramadhan ia melayani pesanan dari sejumlah kalangan seperti sekolah-sekolah dan warga yang mayoritas berasal dari wilayah Kabupaten Malang.

Baca Juga : Selama Ramadhan, PMI Ajak Non-muslim Donor Darah

Menurutnya, pada Ramadhan lalu tidak ada pesanan produk rebana yang diterima oleh usaha yang dilakukan di kawasan Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang itu. Selama Ramadhan, kebanyakan hanya melayani servis rebana dari pelanggan sebelumnya.

“Saya sudah menjadi perajin rebana selama sembilan tahun. Biasanya, selama delapan tahun pada saat Ramadhan itu sepi pesanan. Tapi untuk tahun ini pesanan banyak dan servis juga banyak,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam kondisi normal ia mampu memproduksi kurang lebih sebanyak 30 unit rebana per bulan. Pada Ramadhan kali ini, ia mendapatkan pesanan hingga 50 unit rebana belum termasuk para konsumen yang membutuhkan jasa servis rebana.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button