Nasional

Selama Ramadhan, PMI Ajak Non-muslim Donor Darah

INDOPOSCO.ID – Palang Merah Indonesia (PMI) Cianjur, Jawa Barat, mengajak warga non-Muslim untuk mendonorkan darahnya selama bulan puasa guna memenuhi stok darah.

Wakil Direktur Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Cianjur dr. Susilawati di Cianjur, Senin, mengatakan setiap masuknya bulan puasa stok darah yang dimiliki berkurang tajam, sedangkan kebutuhan dari masing-masing rumah sakit tetap tinggi berada pada angka 1.500 kantong per bulan.

“Sebelum bulan puasa, kami menggencarkan kegiatan mobile unit ke kelompok pendonor, namun saat memasuki puasa tidak dapat dilakukan, sehingga imbauan kami gencarkan ke kelompok pendonor non-Muslim agar dapat membantu ketersediaan darah selama puasa,” katanya, seperti dikutip Antara, Senin (4/4/2022).

Baca Juga : KIIC dan PMI Karawang Gelar Kegiatan Donor Darah

Meski umat Islam yang berpuasa, kata dia, tetap dapat mendonorkan darahnya setelah berbuka puasa, namun jumlahnya berkurang tajam dan akan kembali meningkat setelah lebaran seperti tahun sebelumnya. Untuk menggenjot stok selama puasa, pihaknya juga mengandalkan bantuan dari pemerintah daerah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button