Nusantara

Kejati Banten Bakal Tetapkan Tersangka Korupsi Pengadaan Komputer

INDOPOSCO.ID – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten mulai meningkatkan status kasus dugaan korupsi Pengadaan Komputer Dalam Rangka Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun anggaran 2018, yang mengakibatkan kerugian negara senilai Rp 6 Miliar.

Asisten Intelijen (Asintel) Kejati Banten, Adhyaksa Darma Yuliano mengatakan, terhitung 13 Januari 2022, Bidang Pidana Khusus Kejati Banten, telah menyelidiki dugaan Tindak Pidana Korupsi Pengadaan Komputer Dalam Rangka Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebanyak 1800 unit bagi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) se-Provinsi Banten Tahun Anggaran 2018 sebesar Rp25 miliar lebih yang dimenangkan dalam lelang LPSE nya oleh PT AXI.

Kemudian, berdasarkan penyelidikan, ditemukan beberapa penyimpangan dalam kasus tersebut, sehingga merugikan keuangan Negara senilai Rp6 miliar.

Baca Juga: Kejati Harus Usut “Aktor Intelektual” Hibah Ponpes

Adapun modus yang dilakukan perusahaan Penang lelang dalam pelaksanaannya, yakni rekanan mengadakan barang yang tidak sesuai dengan spesifikasi sebagaimana yang ditentukan dalam kontrak, dan juga barang yang dikirim jumlahnya tidak lengkap/tidak sesuai sebagaimana yang ditentukan dalam kontrak.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button